Penganan Khas Sulawesi Selatan Yaitu Kue Baroncong

Jendela-Seni kali ini akan berbagi mengenai salah satu Penganan khas Sulawesi Selatan yaitu kue baroncong, kue buroncong ini disebut berbeda beda disetiap daerah.

Penganan Khas Sulawesi Selatan Yaitu Kue Baroncong

 Di Makassar disebut Guroncong, di Bone ada yang menyebut Buroncong dan di Pangkep menyebutnya Baroncong. Kue khas ini selalu dijual digerobak dorong. Kalau dikampung dulu, gerobaknya mangkal di pasar pasar tradisonal, sering juga brkeliling kampung pada pagi hari.Dan caranya pun untuk menarik perhatian pembeli berbeda - beda Ada penjual yang membunyikan terompet khusus, ada pula yang meneriakkan nama kuenya “Baroncong…Baroncong…” Pada gerobak Baroncong, ada lemari kaca pajangan Baroncong yang sudah jadi, ada ember plastik tempat adonan baroncong yang putih dan encer, kemudian dibagian depan, ada tungku tempat memanggang adonan,dan dua buah gancu untuk mengangkat baroncong yang sudah matang.
 Biasanya pembeli jarang yang mau beli baroncong yang ada dilemari kaca, karena sudah dingin. Mereka lebih menyukai yang fresh from the oven yang masih hangat-hangat dimakan sambil minum teh hangat dipagi hari. Penjualan buroncong juga hanya dipagi hari,dan harganyapun sekarang cukup murah,yaitu Rp.1000/biji.
Adapun resep Buroncong yait terbuat dari tepung terigu, parutan kelapa (pilih kelapa yang berukuran muda, buang kulit kasarnya) gula pasir(putih), soda kue, dan sedikit garam. Semua bahan disatukan dalam satu adonan diaduk hingga rata dengan air. Adonannya biasanya agak encer.

Setelah adonan siap. Masukkan delam cetakan buroncong yang telah dipanaskan dengan bara api, jangan lupa olesi dulu cetakannya dengan minyak kelapa menggunakan kuas atau daun pisang agar adonannya tidak lengket (paling enak kalau bahan bakarnya kayu arang). Setelah adonannya kelihatan mengembang dan pinggirannya agak berwarna coklat pertanda kue buroncongnya sudah jadi. Nah, siap diangkat menggunakan gancu (biasanya tukan buroncong ahli memainkan ini).

Demikianlah artikel kali ini yang sempat Jendela-Seni bagikan mengenai Penganan Khas Sulawesi Selatan Yaitu Kue Baroncong,semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan kemudian dapat bersama-sama menjaga kue baroncong ini dari kepunahan kue,maupun makanan dari daerah luar seperti pizza.Sekian dan terimakasih,Jangan lupa di Share...!!!!
Penganan Khas Sulawesi Selatan Yaitu Kue Baroncong Rating: 4.5 Diposkan Oleh:Khaerul USB info masuk