Jenis tari modern dan pengertiannya

Jendela Seni,kali ini akan berbagi mengenai Jenis tari modern dan pengertiannya.Modern dance, atau dalam Bahasa Indonesia berarti tari modern, adalahsuatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak dari awal abad 20.
Jenis tari modern dan pengertiannya
 Di beberapa tempat yang belum begitu mengenal tari modern seperti di Indonesia, ballroom dance serta concert dance juga masih dianggap sebagai bagian dari tari modern ini. Namun apabila dilihat dari latar
belakang sejarah, tari modern ini sebenarnya dipelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat, serta penari-penari di beberapa negara di Eropa Barat yang “memberontak” terhadap ballet dance serta classical dance yang sedang booming saat itu.
Beberapa penari yang paling terkenal dengan aksinya saat itu adalah Loie
Fuller, Isadora Duncan and Ruth St. Denis. Aksi mereka dilandasi dengan faktor kelemahan dari ballet dan classical dance sendiri, yaitu diperlukannya perlengkapan khusus selain musik, seperti kostum, sepatu tari, serta bahkan tata rias yang tebal.
 Beberapa dari perlengkapan tersebut tidak mampu dimiliki oleh
orang-orang biasa dengan latar ekonomi yang rendah, yang juga punya
ketertarikan besar untuk menari. Oleh sebab itu ketiga penari tersebut kemudian menciptakan suatu free dance yang kemudian dikenal dengan cikal bakal dari tari modern.
 Sejalan dengan perkembangannya, tari modern di Indonesia ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam, antara lain adalah hip-hop dance, concert dance, break dance, R&B dance, freestyle dance, dan yang terakhir baalroom dance.Berikut ini ada beberapa jenis tari modern:

1.The Robot Dance
Jenis tari modern dan pengertiannya
adalah sebuah ilusi gaya tari  yang mencoba untuk meniru sebuah robot atau manekin yang menari. Itu berasal oleh Charles Washington, juga dikenal sebagai “Charles Robot” pada akhir tahun 1960-an , dan memperoleh ketenaran lebih lanjut setelah The Jacksons melakukan tarian ketika mereka tampil Dancing Machine.

2.Blood Elf Dance
Jenis tari modern dan pengertiannya
Ini adalah tarian flexible atau tarian lentur. Ini merupakan tarian baru jaman sekarang. Tarian ini juga banyakdi gemari anak muda yang mulai belajar mengikuti tarian ini.

3.Break Dance
Jenis tari modern dan pengertiannya
Breakdance, breaking, b-boying atau b-girling adalah gaya tari jalanan yang muncul sebagai bagian dari gerakan hip hop di antara African American dan anak muda dari Puerto Rico yang dilakukan di bagian selatan New York City yang brutal pada tahun 1970. Pada Umumnya tarian ini diiringi lagu hip hop,rap, atau lagu remix (lagu yang di aransemen ulang).
Seorang breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance.

4.Moonwalk Dance
Jenis tari modern dan pengertiannya
Moonwalk (atau backslide) adalah semacam teknik dansa yang memberi ilusi bahwa sang pedansa terlihat sedang ditarik ketika berusaha berjalan. Tarian ini menjadi populer ketika dilakukan oleh Michael Jackson pada konser "Billie Jean" Motown 25: Yesterday, Today, Forever pada tanggal 25 Maret, 1983.  Dan sekarang moonwalk menjadi teknik dansa yang paling dikenali di dunia.

5.The Melborn Shuffle (shuffle dance)
Jenis tari modern dan pengertiannya
Melbourne Shuffle (juga dikenal sebagai Rocking atau hanya Shuffle The) adalah rave tari dan klub yang berasal dari tahun 1980-an di scene musik rave underground di Melbourne , Australia.Gerakan dasar dalam tarian adalah heel- cepat tindakan dan-toe dengan gaya yang cocok untuk berbagai jenis musik elektronik . Kebanyakan varian menggabungkan gerakan lengan. Orang-orang yang menari shuffle sering disebut sebagai rocker, sebagian karena popularitas menyeret musik rock di awal 1990-an.

Demikianlah artikel kali ini yang sempat Jendela Seni bagikan mengenai Jenis Tari Modern Dan Pengeriannya,semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi para pembaca sekalian.

Jangan lupa di sahare...!!!

Jenis tari modern dan pengertiannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh:Khaerul USB info masuk

No comments:

Post a Comment