5 Lagu Daerah Khas Dari Seluruh Indonesia

Jendelaseni.ml - Selamat malam para pecinta budaya dan kesenian indonesia setelah lama vakum dari penulisan artikel mengenai seni dan budaya di Indonesia, pada kesempatan kali ini admin akan mengulas beberapa lagu khas yang terkenal dari masing-masing daerah di Indonesia, Urutan lagu khas daerah ini tidak menjamin bahwa lagu itu terkenal di seluruh Indonesia namun admin mencoba membuat artikel beberapa lagu yang menurut admin sudah sangat dikenal di belantara bumi pertiwi yang kita cintai.

Lagu daerah pada dasarnya adalah sebuah lagu yang berasal dari salah satu daerah yang ada di Indonesia dengan menggunakan bahasa dari daerah tersebut sehingga biasanya lagu daerah ini muncul menceritakan kisah dan budaya dari daerah asal lagu tersebut.

5 Lagu Daerah Khas Dari Seluruh Indonesia


5 Lagu daerah khas dari seluruh Indonesia


Ampar-ampar pisang (KALIMANTAN SELATAN)

Sejarah Tentang lagu ampar ampar pisang ini pada awalnya dinyanyikan secara iseng saat masyarakat Kalimantan Selatan membuat sebuah kue/makanan yang terbuat dari pisang. Makanan ini bernama rimpi. Cara membuat makanan ini adalah dengan cara pisang di diampar (disusun) kemudian dibiarkan hingga hampir matang mendekati busuk. setelah itu pisang dijemur diampar(disusun) di bawah sinar matahari sampai kira kira pisang mengeras dan mengeluarkan bau manis yang sangat khas.Isi dari lagu ampar-ampar pisang menceritakan tentang pisang yang diampar dan dikerubuti binatang kecil kecil bisa terbang yang senang dgn aroma pisang. Binatang ini dikenal masyarakat Kalimantan dengan nama bari bari. Pada akhir lagu di ceritakan tentang binatang yang ditakuti anak kecil zaman dulu (lihat kata “dikitip bidawang”) yang artinya digigit biawak. Konon, kata dikitip bidawang itu digunakan untuk menakuti anak anak yang suka mencuri pisang/kue rimpi yang masih dalam proses penjemuran.

Apuse (PAPUA)

lagu ini bercerita tentang sepasang kakek dan nenek yang akan merantau kenegeri seberang yaitu teluk doreri dimana lagu yang dialamatkan kepada cucu mereka sehingga membuat lagu sangat menyetuh bagi kalangan masyarakat papua. Berikut makna dari lagu apuse

Makna / arti dari lagu apuse :

Kakek-nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri

Pegang saputangan dan melambaikan tangan

Kakek/nenek aku mau pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri

Pegang saputangan dan melambaikan tangan

Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Kasihan aku, selamat jalan cucuku

Anging Mamiri (SULAWESI SELATAN)

Anging Mamiri menceritakan tentang seorang wanita yang memendam rindu yang menggunung kepada kekasih hatinya yang jauh.

Rasa rindu tersebut membuat dia tak tenang. Suatu saat, wanita itu berdiri di ujung jendela rumahnya dan melantunkan syair-syair yang berisikan kata sayang dan rindu, berharap kepada angin yang berhembus pesan tersebut sampai kepada sang kekasih.

Bahkan sebelum tidur, wanita tersebut menepuk-nepuk bantal sambil menyebut nama sang kekasih dan masih berharap angin akan menyampaikan rasa gundah gulananya tersebut.

Ajaibnya, beberapa hari setelah sang wanita mengucapkan syair tersebut, dia pun mendapat kabar bahwa kekasihnya telah tiba dari perantauan dan akhirnya bertemu kembali. 
Cerita itupun menyebar. Semenjak itu, istilah Anging Mamiri menjadi populer dan erat kaitannya dengan kerinduan.

Jali-Jali (JAKARTA)
ali-jali atau Si Jali-jali adalah lagu daerah Betawi dari Jakarta, Indonesia. Lagu ini berasal dari kata buah Jali. Lagu jali-jali yang merupakan salah satu khasanah musik dan lagu yang berasal dari Betawi ini, asal usulnya diyakini lahir, dikembangkan oleh kaum Cina peranakan Jakarta melalui musik tradisional mereka gambang kromong, yang kemudian menjadi musik khas Betawi.

Melalui permainan biolanya lagu ini dipopulerkan oleh M. Sagi yang merupakan pimpinan orkes kerontjong M. Sagi pada tahun 1942, karena kental dengan budaya Betawi lagu jali-jali kemudian menjadi lagu rakyat Betawi. Pada tahun yang sama, di bagian pembuka lagu ini dinyanyikan secara bersahutan antara wanita dan pria.

Rasa Sayange (MALUKU)
Rasa Sayange atau Rasa Sayang-Sayange adalah lagu berbahasa asli Maluku. Lagu ini merupakan lagu anak anak yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat.

Jika didengarkan, lagu ini layaknya seperti sajak atau pantun yang bersahutan yang merupakan tradisi lisan orang Maluku. Oleh karenanya banyak versi dari lagu ini karena liriknya dapat dibuat sendiri sesuai maksud dan tujuan dari lagu tersebut.

Namun dari liriknya tetap diawali oleh kalimat Rasa sayange rasa sayang sayange, Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayange dan di akhir lagu ini liriknya selalu diakhiri dengan kalimat Kalau ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi.
5 Lagu Daerah Khas Dari Seluruh Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh:Khaerul USB rumahmotor

No comments:

Post a Comment