"Passapu" Ikat kepala Tradisional Etnis Bugis-Makassar

"Passapu" Ikat kepala Tradisional Etnis Bugis-Makassar
Jendela Seni kali ini akan berbagi mengenai salah satu dari sekain banyak busana tradisional yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan,baik kali ini kita akan berbicara mengenai Passapu yang sering dikenakan di suku Bugis maupun Makassar,mungkin buat teman-teman yang berada di Sul-Sul sudah akrab ditelinga mengenai passapu tadi,tapi perlu kita tahu apasih Passapu itu,pengertian serta kegunaanya seperti apa.
Nah Passapu adalah sebuah bntuk ikat kepala tradisional Bugis-Makassar yang pada awalnya terbuat dari kulit kayu,serat daun lontara yang dianyam namun seiring berkembangnya zaman passappu kini menggunakan bahan dasar kain sutra maupun kain yang jenisnya kaku.
"Passapu" Ikat kepala Tradisional Etnis Bugis-Makassar

Mengenal PASSAPU PATINRA' (PATONRO') dan PASSAPU PUTARA'.
Passapu adalah destar yang terbuat dari kain tenun bermotif "cura ca'di" dari bahan katun, adapula di tenun dengan warna merah polos atau hitam. Dipakai dalam pergaulan sehari - hari oleh para anak karaeng dan para tubaranina Butta Mangkasara' di zaman kerajaan masih eksis. Passapu terdiriri dari dua kategori yang dibedakan dari bentuk lipatannya atau poto'na.
PASSAPU PATINRA' atau PATONRO' tampak berdiri tegak memberi kesan gembira, berwibawa dengan simpul yang terletak pada bagian kepala sebelah kanan. Simpul yang digunakan bisa dengan poto' nabbi, poto bate atau dengan poto karaeng.
PASSAPU PUTARA' terdiri pula dari tiga macam yaitu 1. putara' padompe, 2. putara bereng - bereng dan 3. putara paerang yang dipakai oleh para pasolle atau anrong guru pakarena.
Putara' padompe pada umumnya di pakai oleh para hulu balang kerajaan. Memberi kesan pemberani yang di tandai dgn ujung passapu terkulai menutupi pipih sebelah kiri dan simpulnya terletak pada sebelah kiri kepala.

Ukuran panjang destar yang digunakan bagi passapu patinra' dimulai diatas kepala sampai lutut. Tampilan sesudah dipakai kelihatan berdiri tegak, ta'tonroki ke atas.
Sedangkan bagi poto' putara' sesuai dengan namanya, dililit saja di kepala (sikko lalo) di bagian dahi lalu di putar sesuai keinginan si pemakai yg tentu saja mencerminkan ke pribadian sang pemakai.

Perangkat Perangkatnya ;
1. Passapu,

2. Baju Kapa Kapa (Belah Dada).
3. Lipa Sa'be. 
4. Saluara Barocci. 
5. Sulepe (Gesper).
Busana adat Makassar adalah suatu warisan leluhur yang tak ternilai dgn materi, bermuatan maknawi, menyimbulkan ketinggian martabat pemakainya. Semoga tetap lestari, tetap bernilai dimata para pewarisnya, karena sesungguhnya dibalik dari karya ciptaan para leluhur kita tersebut, sejatinya mengandung pesan - pesan moral, etika dan estetika yang mencerminkan keluhuran dari budaya kita,dan semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menanmbah wawasan keilmuan teman-teman serta dapat menginspirasi.akhir kata
ars long vita brevis

seni abadi hidup fana
"Passapu" Ikat kepala Tradisional Etnis Bugis-Makassar Rating: 4.5 Diposkan Oleh:Khaerul USB info masuk

No comments:

Post a Comment