pakaian adat tradisional bagian III di 11 provinsi yang ada di Indonesia

Pakaian Adat Tradisional Di 11 Provinsi yang ada di Indoneia bagian III
jreng,jrenggg,semangat baru buat teman-teman yang cinta dengan Fashion,baik kali ini admin akan membagikan lanjutan dari artikel mengenai pakaian adat bagian I dan II dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia,seperti yang kita ketahu bersama bahwa pakaian adat ini termasuk kearifan lokal yang perlu dilestarikan bersama,namun ketika melihat kembali minat dari anak muda zaman sekarang kurang peduli lagi dengan kesenian maupun kebudayaan lokal,nah pakaian tradisional ini tidak kalah keren dari pakaian modern yang ada di zaman sekarang,,tanpa berlama lama lagi berikut gambar dan nama-nama pakaian adat yang ada di Indonesia.

1. Provinsi Kalimantan Timur
- Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Timur
Orang Kalimantan Timur biasanya mengenakan pakaian adat tradisional khas mereka bergantung fungsi dan penggunaan. Pakaian yang dikenakan untuk bepergian berbeda dengan pakaian sehari-hari. Apalagi pakaian untuk acara dan upacara-upacara tertentu. Begitu pula pakaian yang dikenakan untuk menari pun berbeda dengan pakaian lainnya. Pakaian adat yang dimiliki masyarakat Kalimantan Timur biasa dikenakan pada saat upacara, perkawinan, tarian, dan sebagainya.


http://jendela-seni.blogspot.co.id/


2. Provinsi Sulawesi Utara
- Pakaian Adat Tradisional Kulavi (Donggala)
Provinsi Kalimantan Utara dapat dikatakan provinsi yang paling muda dalam sejarah berdirinya negara Indonesia. Provinsi ini juga sekaligus provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Awalnya provinsi ini termasuk kedalam provinsi Kalimantan Timur sehingga untuk suku bangsa dan kebudayannya pun mirip dengan Kalimantan timur.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/



3. Provinsi Sulawesi Barat
- Pakaian Adat Tradisional Mandar
Lipa Saqbe Mandar (Sarung Sutra Mandar) adalah pakaian adat Sulawesi Barat yang sepintas memiliki persamaan dengan kain sutra daerah lain, tapi di setiap jenis dan nama Lipa Saqbe Mandar memiliki ciri khas khusus yakni dari segi corak (sure’ ataupun bunga) dan cara pembuatannya, yang membuatnya terkenal ke daerah sekitarnya (bugis dan makassar).

http://jendela-seni.blogspot.co.id/


4. Provinsi Sulawesi Tengah
- Pakaian Adat Tradisional Nggembe
Baju Nggembe adalah pakaian adat tradisional yang dipakai oleh remaja putri untuk Upacara Adat atau pesta. Baju Nggembe berbentuk segi empat, berkerah bulat berlengan selebar kain, panjang blus sampai pinggang dan berbentuk longgar.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/


5. Provinsi Sulawesi Tenggara
- Pakaian Adat Tradisional Suku Tolaki
Pakaian adat Provinsi Sulawesi Tenggara  adalah Pakaian Adat Suku Tolaki.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/



6. Provinsi Sulawesi Selatan
- Pakaian Adat Tradisional Bodo
Baju bodo  adalah pakaian adat tradisional perempuan Bugis,  Sulawesi Selatan,  Indonesia. Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/


7. Provinsi Gorontalo
- Pakaian Adat Tradisional Gorontalo
Dalam acara pernikahan pakaian adat tradisional daerah khas Gorontalo disebut Biliu (pakaian pengantin putri) dan Mukuta (pakaian pengantin putra). Pakaian adat Gorontalo umumnya mempunyaitiga warna dan memiliki arti tertentu yaitu warna ungu, warna kuning keemasan, dan warna hijau.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/


8. Provinsi Maluku
- Pakaian Adat Tradisional Baju Cele
Baju Cele bermotif garis-garis geometris atau berkotak-kotak kecil. Biasanya, baju Cele dikombinasikan dengan kain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, yang penting harus seimbang dan serasi. Baju cele dipakai dalam upacara-upacara adat.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/

9. Provinsi Maluku Utara - Pakaian Adat Tradisional Manteren Lamo
Pakaian Manteren Lamo (Sultan) adalah pakaian adat tradisional Maluku Utara yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke bawah, baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan . Sementara itu, leher jas, ujung tangan, dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/

10. Provinsi Papua Barat - Pakaian Adat Tradisional Ewer
Pakaian adat Ewer merupakan pakaian adat tradisional Papua Barat.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/

11. Provinsi Papua - Pakaian Adat Tradisional Papua
Pakaian adat pria dan wanita di Papua hampir sama bentuknya. Mereka memakai baju dan penutup badan bagian bawah dengan model yang sama. Mereka juga sama-sama memakai hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Bentuk pakaian yang terlukis di sini merupakan ciptaan baru. Dengan tombak/panah dan perisai yang dipegang mempelai laki-laki menambah kesan adat Papua.

http://jendela-seni.blogspot.co.id/



Demikian ulasan mengenai gambar dan nama pakaian adat yang ada di Indonesia,semoga bermanfaat dan menambah wawasan keilmuwan teman-teman mengenai kebudayaan dan pakaian adat di Indonesi.

#Ars Longa Vita Brevis
pakaian adat tradisional bagian III di 11 provinsi yang ada di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh:Khaerul USB info masuk

No comments:

Post a Comment