arti kata Segeri

Asal muasal & Arti kata Segeri 

baik kali ini admin akan membagikan artikel mengenai asal muasal dan arti kata segeri,sebelum kita mengulas lebih lanjut perlu kita ketahui bahwa segeri adalah salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan,dan didaerah ini pula yang menjadi perbatasan sekaligus pertemuan antara dua suku besar yang ada di Sulawesi Selatan yaitu suku Bugis dan suku Makassar
 
peta administrasi kab.pangkep
Kata Segeri sendiri diduga berasal dari Bahasa Bugis, “Se’geri”, yang artinya kurang lebih. Dalam tutur masyarakat sehari – hari kata ini seringkali dimaknai sebagai “tegas”, “menegaskan” atau “menggertak”. Penamaan ini diduga berkaitan dengan watak pemberani Orang Segeri karena dari perjalanan sejarahnya yang banyak makan asam garam dalam peperangan, terlahir dari situasi perang dan pembunuhan. Mereka diharuskan tegas dan tidak boleh kalah gertak dari orang lain. Kata “Segeri” banyak pula yang mengatakannya berasal dari kata “ Sigere’ – gere’ ” (Bugis : Saling membunuh atau saling memotong). Dugaan ini dilatar belakangi terjadinya peristiwa pertumpahan darah / perang di daerah itu pada masa lampau, dimana daerah itu menjadi tempat bertemunya dua orang atau dua kelompok yang sama – sama mempertaruhkan siri’nya (harga dirinya) yang harus terbalaskan (terbayar) setelah pertumpahan darah terjadi sebagai tumbalnya.hal ini dapat dilihat dari penamaan tempat dengan Bahasa Bugis dan Bahasa Makassar dimana perbataasannya hanya dintarai Sungai. Seluruh tempat di bagian Utara Segeri menggunakan istilah bugis, sementra di bagian selatan menggunkan istilah makassar.
Namun ada pula yang mengatakan bahwa kata Segeri berasal dari kata “Sigegeri” (Makassar : geger ; ribut diringi tawa terbahak – bahak ; saling melampiaskan rasa senangnya ; ramai). Namun dugaan yang terakhir ini kurang mendapatkan konfirmasi dari banyak kalangan mengingat masyarakat Segeri adalah masyarakat berpenutur Bahasa Bugis.

Cukup sekian yang dapat admin bagikan pada artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian...
#arslongavitabrevis

arti kata Segeri Rating: 4.5 Diposkan Oleh:Khaerul USB info masuk

No comments:

Post a Comment